PENERAPAN VIDEO BLOG QUESTION AND ANSWERS (Q&A) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA: PENDEKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Authors

  • Novia Dani Pramusinto Sebelas Maret University
  • Dini Octoria Sebelas Maret University
  • Sudiyanto Sudiyanto Sebelas Maret University
  • Rena Zonaifi Sebelas Maret University

DOI:

https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.17362

Keywords:

video blog question and answer; hasil belajar; penelitian tindakan kelas

Abstract

Inovasi berkelanjutan merupakan suatu keharusan dalam penyelenggaraan pembelajaran dalam pendidikan formal. Hal tersebut juga didorong dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat sehingga mengharuskan pendidik memiliki kreatifitas dan inovasi tinggi dalam memberikan layanan dalam bentuk pembelajaran. Artikel ini membahas peningkatan hasil belajar siswa dalam penggunaan video blog question and answers (Q&A) pada pembelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa. Artikel ini merupakan hasil classroom Action Research. Data yang digunakan meliputi data kualitatif berupa informasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan video blog Q & A dan data kuantitatif berupa data hasil belajar baik kognitif, afektif dan psikomotorik. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan video blog Q & A pada pembelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dini Octoria, Sebelas Maret University

Department of Economic Education, Faculty of Teacher Training and Education

Sudiyanto Sudiyanto, Sebelas Maret University

Department of Accounting Education, Faculty of Teacher Training and Education

Rena Zonaifi, Sebelas Maret University

Department of Accounting Education, Faculty of Teacher Training and Education

Downloads

Published

2020-04-08